top of page

Sosok Pemeran Penting di Balik Layar Cosplay, Costume Maker!

Keren dan membanggakan! Indonesia punya banyak sekali 'costume maker' handal yang mampu berkarya dan bersaing di ranah lokal sampai internasional, loh!


Indonesia memang terkenal akan kreativitasnya dalam membuat karya seni, salah satunya juga dalam menciptakan maupun memproduksi kostum karakter dan properti yang berasal dari game, anime, manga, maupun film dan berbagai macam cerita lainnya.


Siapa disini yang suka 'cosplay'? Tentunya cosplay tidak akan lengkap tanpa adanya kostum. Namanya juga cosplay, 'costume' dan 'play' dimana kamu memainkan peran menjadi sebuah karakter dengan berdandan menyerupainya, maka kostum akan menjadi poin penting agar orang lain dapat mengenali siapa karakter yang sedang kamu perankan.


Nah, karena adanya kebutuhan kostum untuk cosplayer, tentunya ada juga pembuatnya, dan mereka lah disebut ‘costume maker’. Yang nonton anime tentang cosplay 'Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru' (My Dress-Up Darling) pasti udah tau dong gambarannya, yaitu dari sosok Gojō-kun.


© Anime My Dress-Up Darling (Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru)


Costume maker adalah seseorang atau sekelompok penggiat seni yang menyediakan jasa pembuatan kostum karakter sesuai keinginan cosplayer, baik dari bentuk, ukuran, hingga kelengkapannya bisa disesuaikan dengan mencontoh referensi aslinya dan juga bisa disesuaikan dengan request khusus dari kamu.


Kostum karakter yang dipesan bisa dibuat dari bahan, teknik dan finishing yang berbeda-beda dari masing-masing costume maker. Untuk itu kamu perlu memahami dulu seperti apa kostum yang kamu butuhkan dan maker mana yang cocok untuk menghasilkan kostum impianmu.


CLAS:H akan membantumu dengan menyediakan page khusus "Costume Maker Keren" pilihan cosplayer Indonesia. Terutama yang memang benar-benar berprofesi sebagai costume maker dan yang pasti handal, berkomitmen dan hasilnya memuaskan, jadi kamu tidak perlu khawatir soal kualitas. Diantaranya ada :

  1. Zai Naru House

  2. Echow Eko Costume

  3. Fairy Magic Costume-Maker (by Frea Mai)

  4. Angel Rose Design

  5. Kukuh Studio (by Dimboyz)

  6. Eternal Creativity (by John Switch)

  7. Yumaki Monster Studio

  8. Le Pica Creative Studio (by Lee Gunawan)

  9. ACT Studio (by Amin Rider)

Cek selengkapnya hanya di page : https://www.clashcosplay.com/costume-maker


Siapa aja nih costume maker keren dari Indonesia yang belum masuk? Kasih tau kami dengan tulis di kolom komentar di postingan Facebook kami ya! CLAS:H akan update terus maker favorit kamu dan cosplayer Indonesia lainnya, supaya memudahkan kita semua dalam mencari maker yang tepat dan berkualitas.

bottom of page