top of page

Tak Berdaya Di Hadapan Serangan Tokoh Anime dan Anak-Anak Pulau Pari, Limbah Laut pun Pasrah!

Dalam kondisi cuaca cerah dengan berkostum karakter fantasi dan hati berdedikasi, kita telah membuktikan bahwa semangat cosplay dapat menyatukan kita dalam melindungi lautan melalui acara Cosplay de Umigomi Zero 2023 feat. Blue Santa yang seru di Pulau Pari, Jakarta, pada tanggal 9 Desember lalu.



Diawali dengan perjalanan dari dermaga Ancol menggunakan kapal laut, 50 orang cosplayer dan 20 orang pecinta lingkungan meluncur menembus ombak menuju ke Pulau Pari. Tujuan mereka adalah membersihkan kawasan Pulau Pari dan area Pantai Pasir Perawan. Kegiatan ini menjadi panggung aksi nyata untuk bersama-sama mengkampanyekan dan menggalang kepedulian terhadap laut kita. Kegiatan ini dilaksanakan oleh CLAS:H dan Machipot Indonesia dengan dukungan dari World Cosplay Summit dan Yayasan Nippon Zaidan.





Setelah para cosplayer siap dengan kostum dan perlengkapan kebersihan, kita berjalan menyusuri kawasan Pulau Pari, dari pinggiran pantai hingga lekuk pasir, kita telah mengumpulkan 70 kantong penuh dengan limbah laut yang berpotensi merusak habitat laut kita. Bahkan beberapa limbah, harus kita gali terlebih dahulu untuk mengambilnya. Hal yang cukup menyenangkan adalah beberapa anak-anak penduduk sana yang turut serta dalam kegiatan kebersihan karena ada karakter kesukaan mereka.



Kegiatan selesai tepat tengah hari, dimana cuaca sangat terik panas, namun tidak membuat seluruh peserta turun semangatnya. Upacara penutupan menjadi sebuah kesan bagi mereka yang berpartisipasi. Salah satunya adalah Hasani Faris, yang sengaja terbang dari Bali untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Dia menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu wadah yang bisa menimbulkan kesan spesial terhadap cosplayer sekaligus menjadi tempat berkenalan dengan sesama cosplayer yang satu hobi dalam kegiatan yang seru. Ada harapan kegiatan serupa bisa diselenggarakan di banyak tempat.


Setelah seluruh rangkaian acara selesai, cosplayer diperbolehkan untuk menikmati keindahan Pulau Pari dan Pantai Pasir Perawan dengan bebas hingga waktunya kembali pulang. Beberapa cosplayer memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto maupun membuat konten. Meskipun acara tahun ini telah selesai, semangat kita tidak berhenti di sini. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini.




Sampai jumpa di kegiatan berikutnya!

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page