Search

CLAS:H ONLINE 2021 SUKSES TAYANG LIVE, BANJIR RESPON POSITIF NETIZEN!

Semalam, Rabu, 23 Juni 2021 pukul 18.30 WIB event online CLAS:H yang pertama di tahun ini berhasil berjalan dengan lancar!


Acara CLAS:H ONLINE 2021 dibagi menjadi 4 sesi, yaitu Single Cosplay Photos Reaction, Umigomi Zero Project, Indonesia Cosplay Grand Prix Video Division (ICGP-VD) dan ditutup dengan Pemilihan Mr. & Ms. Cosplay 2021.



Acara ini dipandu oleh 4 Host Cosplayer yang keren-keren yaitu Nadya Sakamaki dari Surabaya, pemenang CLAS:H MC TikTok Challenge tahun 2020, Andy PB dari Malang, seorang content creator di TikTok yang memenangkan CLAS:H MC TikTok Challenge tahun 2021, Zhuge Kamiya dari Jakarta, seorang cosplayer sepuh yang cukup dikenal di Indonesia dan pernah menjadi perwakilan cosplay Indonesia ke WCS 2012, dan tidak lupa ada Taeyeon, cosplayer Korea yang merupakan alumni WCS 2012 yang sekarang tinggal di Jepang sebagai perwakilan staf di World Cosplay Summit (WCS).



CLAS:H ONLINE 2021 berhasil live di Facebook selama ±3 jam dengan total 5K viewers.


Sesi pertama dimulai dengan membahas foto-foto Single Cosplay yang telah disubmit oleh para cosplayer di Indonesia dengan jumlah partisipan sebanyak lebih dari 4700 foto. Pada sesi ini Nadya Sakamaki dan Andy PB memberikan reaksi pada puluhan foto yang keren, lucu, menyeramkan, unik dan lain-lain. Penonton pun berinteraksi dengan memberikan komentar pada live comment di Facebook. Sesi ini ditutup dengan menampilkan 5 foto BLIZZARD COSPLAY yang terpilih menjadi pemenang hadiah voucher Battle.net senilai $20 USD (total S100 USD).



Sesi kedua dilanjutkan dengan wawancara antara Nadya Sakamaki dengan para pemenang kompetisi Umigomi Zero tahun 2020 di antaranya Rizky Octavianus dari Machipot Cosplay, VinVid, Maymay, dan Hasani Faris. Mereka memberikan tips dan trik untuk para cosplayer yang ingin memenangkan kompetisi Umigomi Zero Award 2021. Pemenang dari Umigomi Zero Award tahun ini akan diberangkatkan ke Jepang untuk menjadi ambassador dan mendapatkan hadiah uang tunai untuk masing-masing kategori.



Sesi ketiga adalah ICGP-VD, yaitu format baru kompetisi cosplay dimana juara yang terpilih akan menjadi perwakilan Indonesia ke WCS 2021 Video Division. Sesi ini dipandu oleh Zhuge Kamiya bersama dengan Taeyeon yang sudah berpengalaman baik menjadi peserta maupun staff dari WCS. Ada 6 juri untuk kompetisi ini. Cosplay Judges yang bertugas menilai kostum yaitu Rian CYD (WCS 2016), Dimboy (WCS 2017) dan Yumaki (WCS 2018). Video Judges yang bertugas untuk menilai cinematography yaitu Alrizki Marino (Cinematographer Indonesia), Dimas Maulana (Cinematographer Indonesia) dan Michi (WCS Documenter Video Maker).



Juri-juri tersebut siap menilai 6 tim peserta cosplay yang bertanding memperebutkan juara, yaitu tim Twice dari Bandung, tim Honyara Sejahtera dari Yogyakarta, tim Red Mongoose dari Batam, tim Bagazzz dari Bekasi, tim Nantoka dan tim Paracetamol yang berasal dari Semarang.



Kompetisi ini dimulai dengan presentasi pembuatan kostum oleh peserta, dilanjut dengan sesi tanya jawab mengenai pembuatan kostum, lalu pemutaran Video Cosplay dari masing-masing peserta dan diakhiri dengan sesi tanya jawab mengenai video.



Pemenang ICGP-VD tahun 2021 ini adalah Paracetamol dari Semarang yang membawakan cosplay Dragon Ball Z (Best Entertainment), disusul dengan para peraih kategori yaitu Honyara Sejahtera dengan cosplay Chainsaw Man (Best Concept), Nantoka dengan cosplay Jujutsu Kaisen (Best Editing), dan Bagazzz dengan cosplay Nioh (Best Costume). Pada sesi pengumuman ini, terlihat beragam reaksi terkejut dan tidak terduga dari tim yang terpilih.



Setelah pengumuman pemenang, Host ICGP-VD yaitu Zhuge Kamiya dan Taeyeon mengembalikan acara kepada Nadya Sakamaki dan Andy PB untuk membawakan puncak acara yaitu Pemilihan Mr dan Ms Cosplay 2021.


Pada sesi terakhir, host menampilkan TOP 10 Mr. & Ms. Cosplay yang berhasil terpilih dari 4700+ foto yang terdaftar. Banyak sekali dukungan dan komentar dari penonton yang ingin jagoannya terpilih menjadi Mr. & Ms. Cosplay tahun ini. Di penghujung acara, Nadya Sakamaki dan Andy PB dikejutkan dengan tampilnya foto cosplayer yang terpilih sebagai Mr. & Ms. Cosplay 2021. Mr Cosplay yang terpilih adalah Anggoro Dwi Nugroho dengan cosplay James (fanart ver.) dari Pokemon dan CXIELA dengan cosplay Mona dari Genshin Impact yang terpilih menjadi Ms. Cosplay 2021.



Dengan ditentukannya Mr. & Ms. Cosplay 2021 ini, maka acara CLAS:H ONLINE 2021 telah berakhir. Semua orang yang terlibat dan menikmati CLAS:H ONLINE kali ini berharap dapat bertemu lagi di sesi maupun event lainnya yang akan diselenggarakan oleh CLAS:H.



Buat yang mau liat tayangan livenya bisa ke Facebook Page CLAS:H Cosplay atau lewat link ini : https://www.facebook.com/clashcosplay/videos/238896931040699