Search

CLAS:H Meramaikan Event Online "ANIMELAND Festival" Selama 4 Hari!



Pada tanggal 19 - 22 Agustus 2021 yang lalu, CLAS:H bekerja sama dengan salah satu EO terkemuka PK Entertainment untuk ikut meramaikan Animeland Festival by Gotix. Di event online ini, Animeland Festival memiliki sebuah Virtual town yang terdiri dari 6 area sehingga pengunjung merasa seperti sedang berjalan-jalan di event offline. Dari 6 area ini, CLAS:H mengisi area "Cosplay World Harajuku" dimana CLAS:H menyiarkan 2 sesi wawancara dan 2 sesi kompetisi secara live pada platform Goplay.



Pada sesi wawancara yang pertama (19 Agustus 2021), Andy Phebe sebagai MC dari CLAS:H melakukan wawancara dengan Lola Zieta. Kali ini Lola bercerita pengalamannya selama menggeluti dunia cosplay dan kesibukannya selama ini. Selama pandemi, Lola tetap produktif dengan me-launching produk barunya yang diberi nama "Isekai". Lola juga memperkenalkan original character yang ia dijadikan maskot dari produknya. Ia pun sempat membicarakan mengenai pandangannya mengenai karakter-karakter yang ia pilih selama cosplay. Tidak hanya itu, dalam sesi wawancara juga diadakan games kecil dimana penonton dapat menebak karakter apa saja yang ditampilkan di layar.



Sesi wawancara yang kedua (20 Agustus 2021), Richfield Cos melakukan wawancara dengan Mr & Ms Cosplay yaitu Anggoro Dwi dan Cxiela. Mr & Ms Cosplay merupakan salah satu program baru dari CLAS:H yang dipilih melalui Single Cosplay pada Juni 2021 lalu. Penonton diajak mengenal lebih jauh Anggoro Dwi dan Cxiela yang ternyata memiliki dedikasi yang tinggi terhadap dunia cosplay. Anggoro sendiri bukan nama yang asing di kompetisi cosplay, dia merupakan salah satu finalis ICGP beberapa tahun lalu. Anggoro juga merupakan Costume Maker yang sudah cukup dikenal. Tidak kalah dengan Anggoro, walaupun tidak ikut kompetisi, Cxiela juga merupakan cosplayer berbakat yang membuat sendiri costumenya. Ternyata, pada foto yang terpilih saat Mr & Ms Cosplay lalu, Anggoro dan Cxiela mengajukan hasil foto mereka berdua dari serial Pokemon. Mereka juga bercerita bagaimana pandemi ini mempengaruhi kegiatan mereka dalam bercosplay, mulai dari mencari bahan yang harus dilakukan secara online, hingga photoshoot yang harus dilakukan sesuai protokol kesehatan. Games menebak karakter juga dilakukan pada sesi ini.



Bukan CLAS:H namanya kalau tidak ada kompetisi. Pada 21 Agustus 2021, CLAS:H yang diwakilkan oleh Zhuge Kamiya dan Yukitora Keiji menampilkan hasil karya dari teman-teman cosplayer yang berbakat melalui kompetisi Umigomi Zero Project. Pada kompetisi ini, para cosplayer menunjukan kreatifitas mereka dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola limbah sampah agar tidak mencemari laut. Karya yang dihasilkan berbagai macam, mulai dari story-telling video hingga kostum yang dibuat dari barang bekas. Pada kompetisi ini, ada total 9 kompetitor yang terpilih dan masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 100.000,-



Pada hari terakhir, 22 Agustus 2021, bersama Nadya Sakamaki dan Bobocu, penonton diajak untuk menonton hasil karya teman-teman melalui CLAS:H Henshin Challenge. Pada kompetisi ini para cosplayer mengirimkan video transformasi mereka sebelum dan setelah cosplay dalam durasi 15 detik. Cosplayer diizinkan untuk memasukan lebih dari satu video untuk kompetisi ini. Dari 333 video yang sudah didaftarkan, akhirnya terpilih 30 video terkreatif yang mendapatkan hadiah masing-masing Rp 100.000,-




Setelah 4 hari mengisi acara di Animeland Festival, CLAS:H ingin mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah berpartisipasi dan menonton konten yang sudah tim CLAS:H sajikan. Selamat untuk ke 39 pemenang, semoga dapat menginspirasi teman-teman lainnya untuk berkarya lebih baik lagi. Semoga kita semua dapat bertemu lagi secara langsung suatu hari nanti.