In Collaboration With

EXPERIENCE SHARE WITH THE WINNER

Tidak terasa, CLAS:H 2016 merupakan event CLAS:H yang ke-6, sebagai salah satu kompetisi cosplay yang cukup ketat di Indonesia ini, banyak sekali cosplayer berkualitas yang merupakan "lulusan" CLAS:H. Beberapa dari mereka bahkan sukses mewakili Indonesia di kompetisi cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit. Mereka berasal dari berbagai daerah dan menjadi inspirasi bagi cosplayer yang berada di daerahnya maupun tingkat nasional.

Untuk menghargai karya dan usaha mereka, sekaligus berbagi pengalaman, CLAS:H sengaja merangkum beberapa curhatan para juara ini saat mengikuti CLAS:H. Selamat membaca.. 

RYAN ANGGORO, FINALIST JOGJA 2013, 1st WINNER 2013, WCS INDONESIA 2014

Namaku Ryan Anggoro,, asal Jakarta tapi sudah lama di Jogja~. Motivasi aku pengen ikutan CLAS:H itu, karena aku pengen ngukur seberapa kemampuanku sama partner dalam bercosplay. Awalnya ragu memilih character yg pengen ku cosplay-in... tapi klo nggak menantang diri sendiri, apa asiknya.

 

Untuk ikutan CLAS:H, kami (aku sama Dharma) ngerjainnya H-3 bulan, hahaha. Tapi aku yang paling slow progress, jadi pas pembuatan video sebelumnya, kita (garap dengan) kebut, walau belom dicat (punya Dharma) tapi kita nekat aja buat daftar,  yg penting sisi menariknya dapet divideo~.

 

Pas lolos seleksi, seneng banget sekaligus ngewanti-wanti diri sendiri buat nyelesein kostum tepat waktu. Kami latihan itu bisa matahin senjatanya Dharma sampe patah 4x, tapi dari situ belajarnya, belajar menguasai (penggunaan senjata) sama memilih bahan yg terbaik~.

 

Saat costume judging yah? Perasaan (yang muncul) pas costume judging cuma ada rasa bangga sih bisa dilirik sama cosplayer diatas kita, apalagi dilirik sama guest star~~. Gimana nggak baangga.

Saat perform? Gugup pasti ada, tapi klo BGM kita udah play, rasain aja kayak lagi latihan, stay focus dan lakukan yang terbaik, klo dah ngelakuin semua itu, menang kalah urusan juri dan tuhan~.

 

Pas dinyatakan lolos ke final, seneeeeeeng bgt. Nggak nyangka kostum sama perform kami bisa diapresiasi tinggi sama juri dan penonton. Pas udah lolos tujuannya cuma satu !! Keluarkan yang terbaik di final~ menang tetep utama tapi perform lancar itu yang terpenting, persiapan buat final ya nge-repair kostum sesuai saran dari juri.

 

 

 

 

Tips dan saran untuk ikut serta atau pendaftaran CLAS:H?
Keluarkan semua kemampuan kalian dalam bercosplay, dari membuat kostum dan konsep performance, jangan nanggung, jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk belajar.

 

Tips dan saran untuk persiapan costume judging dan perform on stage di CLAS:H ?
Pokoknya kalian harus PeDe sama kostum yg kalian pake, tempatkanlah diri kalian sebagai orang yg patut menjadi juara, karena juara nggak harus menang, tapi kalau mental kalian mental juara, pasti kalian bisa menang.

 

Tips dan saran untuk menghadapi final CLAS:H?

Keluarkanlah semua kemampuan kalian karena USAHA KERAS TIDAK AKAN MENGHIANATI.

DIMAS KUKUH PRAYOGA, FINALIST BANDUNG 2015, 1st WINNER 2015

Halo, nama saya Dimas, Asal dari Bandung. Motivasi saya mengikuti CLAS:H, yang pertama adalah hadiah tiket ke Jepang, itu motivasi pertama. Motivasi kedua karena sudah mengikuti CLAS:H dari tahun 2011, dan perdana perform (sebagai peserta) pada tahun 2012, walau masih belum berhasil, membuat aku ingin terus mencoba CLAS:H. Motivasi ketiga, aku seneng perform... hahaha.

 

Saat pembuatan video, karena waktu itu di Bandung hujan terus, kebetulan aku juga kuliah, karena terbatas (waktu dan) tempat, jadi shootingnya dirumah , sempit sih tapi ya udah, eh, tapi ga puas, akhirnya buat video lagi, tapi akhirnya jatuhnya (malah) kemaleman dan ga terlalu keliatan malah lebih jelas yang di rumah pas sempit sempitan.

 

Terus pas pendaftarannya malah galau mau nama team apa, hampir mau (nama) alay lagi sih, tapi akhirnya diputusin Sandy (partnerku) yang milih nama teamnya, dan akhirnya daftar deh buat CLAS:H 2015.

Jujur kalau aku sebenarnya (yang bikin) deg degannya bukan lolos seleksi, tapi pas liat team lain yang lolos penyisihan, disatu sisi seneng banyak performer keren, disatu sisi (yang lain) udah down karena yang lain terlihat lebih oke, dan hasilnya sampai penyisihan masih tetap down, dan berakhir jadi jaim diem mulu.

 

Terus, pas costume judging yang paling berkesan tuh, lagi nunggu di panggil, tiba tiba hujan besar di penyisihan (CLAS:H) Bandung, dan ruang ganti langsung berubah menjadi arena waterboom (karena banjir), hahahaha, awalnya udah nggak grogi, (malah) balik grogi dan malah makin nervous, mana ga bisa bantu peserta lain karena udah make kostum yang gede, cuma bisa diem liatin assisten yang beresin , pas costume judging-nya pasti selalu nervous buat ngomong karena masih grogi buat perform, tapi yang paling parah waktu lolos ke final, (waktu) backstage judging di ennichisai, yang kutahu pada saat backstage judging, diriku cuma bisa terdiam dan menggangguk karena make helm susah buat ngomong, hahahah.

 

Pas sebelum perform yang pasti doa ama asisten dan partner abis itu mulai asik sendiri, hahahah. Pas on stage biasanya langsung in character, dan ga terlalu melihat situasi kondisi, yang penting show must go on~
 

Terus, pas lolos menuju final cuma bisa senyum, nangis ga bisa, cuma senyum aja dan akhirnya bisa rasain juga final CLAS:H dari tahun tahun sebelumnya yang diimpikan. Tapi setelah CLAS:H bandung berakhir, eh, malah kena cacar dan baru sembuh 3 minggu, dan cuma punya waktu 1 minggu persiapan buat Ennichisai, dengan keadaaan kostum buat final di remake, hahahaha. (#maso)

 

 

 

 

 

Tips dan saran untuk ikut serta atau pendaftaran CLAS:H?

Persiapin dari jauh jauh hari, dan matengin hubungan ama partner jangan berantem (#padahal sendirinya gitu, hahahah).
Saran: Cari yang (character) disukai dan bisa di eksplore oleh partner kamu dan juga kamu, saling nyemangatin

 

Tips dan saran untuk persiapan costume judging dan perform on stage di CLAS:H ?

Persiapkan apa yang kalian ketahui tentang karakternya, abis itu yang pasti kalau bisa in character, tapi kalau misalnya kamu emang ga bisa lama in character,  (jadi) characternya sebentar aja, yang penting first impresionnya musti bagus ^^, kalau buat di atas panggung, setelah kamu injak panggung, apapun yang terjadi di atas panggung stick to the script, walau armor lepaskah atau wig lepaskah, kalau bisa tetep fokus ama perform kamu ^^

 

Tips dan saran untuk menghadapi final CLAS:H?

Makan yang cukup, jaga kondisi, jangan YOLO apalagi maso XD, terus perkuat iman dan juga mental karena final bakal terasa lebih beda, terakhir siapin coscard buat di final tuker-tukeran ama performer lainnya ataupun juri~~ ^^