In Collaboration With

EXPERIENCE SHARE WITH THE WINNER

Tidak terasa, CLAS:H 2016 merupakan event CLAS:H yang ke-6, sebagai salah satu kompetisi cosplay yang cukup ketat di Indonesia ini, banyak sekali cosplayer berkualitas yang merupakan "lulusan" CLAS:H. Beberapa dari mereka bahkan sukses mewakili Indonesia di kompetisi cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit. Mereka berasal dari berbagai daerah dan menjadi inspirasi bagi cosplayer yang berada di daerahnya maupun tingkat nasional.

Untuk menghargai karya dan usaha mereka, sekaligus berbagi pengalaman, CLAS:H sengaja merangkum beberapa curhatan para juara ini saat mengikuti CLAS:H. Selamat membaca.. 

ECHOW EKO, 2nd WINNER 2011, 1st WINNER 2012, WCS INDONESIA 2013

Halo aku Echow Eko, cosplayer dari Jakarta. Motivasi ikut CLAS:H banyak sih, sebagai sarana menyalurkan kreativitas, mengukur kemampuan dan mengembangkan diri. Karena waktu ikut CLAS:H aku jadi tau, oh ternyata kemampuanku untuk cosplay saat ini segini.. harus dikembangin lagi di bidang ini untuk jadi lebih baik kedepannya.

 

Dulu, pas daftar yakin aja sih, daftar lihat kelengkapan dan persyaratan, disesuaikan sama konsep perform dan kostum. Waktu bikin video, yang pasti ngelist apa aja yang mau ditampilin di video. Pastiin aja kalau video yang dibuat sudah mencakup semua bagian.

 

Begitu lolos seleksi, pastinya seneng, excited. Tapi jangan sampai kebawa perasaan terus kelupaan tentang detil-detil yang diperlukan waktu penyisihan. Disiapin dari jauh-jauh hari, dimatengin biar nggak ada yang miss.

Waktu costume judging yah? Deg-degan pasti ada, sempet kelintas pikiran wah kostumnya udah ok belum ya, rapi nggak ya.. karena kadang kostum bener bener dilihat detail sampai ke bagian bagian yang kecil. Harus menguasai bahan sih, tapi karena sudah masuk tahap costume judging apapun yang terjadi percaya aja sama kerja keras selama ini hehe.

 

Persiapan buat perform, aku latihan sih yang banyak, minta pendapat dari temen-teman juga buat bahan introspeksi dan menampilkan yang terbaik. Rasanya waktu perform, lega sih akhirnya ada di tahap ini dan bisa menampilkan hasil yang cukup maksimal, meskipun tentunya masih butuh improve lagi kedepannya. Kepuasan setelah perform macem itu juga sih yang bikin ikut CLAS:H ini makin berkesan.

 

Begitu dinyatain lolos ke final, rasa excited dan senengnya pastinya dua kali lebih besar daripada penyisihan. Rasa deg-degannya juga lebih besar. Makanya persiapan jadi lebih sering, ya misalnya meet up buat bahas terkait final CLAS:H atau latihan. Menyempurnakan gerakan dan detil-detil yang mungkin agak miss waktu di penyisihan. Perasaan yang paling besar waktu latihan dan meetup itu keinginan buat berusaha untuk improve dan memberikan yang terbaik. Jangan sampai karena kurang di persiapan, kecewa sama performa diri sendiri waktu final.

 

 

 

 

 

Tips dan saran untuk ikut serta atau pendaftaran CLAS:H?

Buat temen2 buat yang mau ikutan, yang paling penting harus berani daftar dulu ya. Kalo gak daftar gimana bisa lolos, haha. Percaya diri ajalah buat daftarnya. Jangan lupa buat bener-bener pantengin semua kelengkapan dan persyaratannya, jangan sampai ada yang kelewat.

 

Tips dan saran untuk persiapan costume judging dan perform on stage di CLAS:H ?
Kalau buat kostum dan performance ya, try to do your best. Kalau sudah merasa selesai jangan cepat berpuas diri. Selalu challenge diri sendiri, cari kemungkinan-kemungkinan lain sampai bener-bener mateng konsep dan kostumnya. Tetapin target juga buat diri sendiri, hari ini harus selesai apa, besok apa, jadi semua progress on-track.

 

Tips dan saran untuk menghadapi final CLAS:H?

Untuk menghadapi semuanya, saranku siapkan konsep dan kostum dengan baik. Latihan, latihan, latihan. Setiap habis latihan, selalu evaluasi untuk memperbaiki performa final. Selalu improve. Siapin mental dan kesehatan juga, jangan sampe stage fright atau nggak bisa maksimal karena sakit atau kendala lainnya. Yakin sama kemampuan diri sendiri, percaya sama team mate, lakukan yang terbaik, dan jangan lupa untuk bersenang-senang.

SANDI SAPUTRA, FINALIST BANDUNG 2015, 1st WINNER 2015

Namaku Sandi Saputra asal Bandung. Motivasi ikut CLAS:H ingin menampilkan performance yang berbeda dari kompetisi lainnya dan berkompetisi dengan cosplayer regional lainnya.

Waktu proses pendaftaran tidak terlalu sulit namun proses pembuatan video audisi yang lumayan repot. Terlebih prop yang seabreg XD.
Dan proses upload yang setengah mati. *tongue emoticon*

Saat lolos pastinya campur aduk. Dan saat penyisihan macem2 juga kejadiannya, ampe hampir kebanjiran XD

 

Pas costume judging, ya.. costume judging itu dimana kita melakukan presentasi tentang apa aja yang ada dan proses pembuatan kostum kita. Berhubung saya suka hal tentang mekanisme, salah satu gimmick yang ingin aya tampilkan yaitu prop senjata yang berubah mode, jadi usahakan apa yang akan kita sampaikan dapat dimengerti dan bisa menjadi poin plus

Pas persiapan perform on stage tentunya kita menyesuaikan kembali kondisi panggung dan penempatan properti panggung.
Sempat panik karena beberapa hal yang tidak sesuai perhitungan namun masih bisa diatasi

Perasaannya senang, dan jujur terharu karena pertama kali partisipasi jadi peserta CLAS:H dan lolos ke final. Dan persiapan untuk final kita mencoba me-repair kerusakan kostum dan latihan serta revisi performance

 

 

 

 

 

Tips dan saran untuk ikut serta atau pendaftaran CLAS:H?

Pertama tipsnya yang pasti harus ada kesanggupan dari masing-masing element seperti partner, kru, bahkan masalah finansial. Tapi tetap kreativitas harus berperan dominan dan benar2 planning bukan cuma satu jadi kalau ada sesuatu diluar harapan kita bisa sigap mengatasi masalah tersebut. Dan juga disiplin waktu angat berpengaruh, lebih tepatnya efisiensi.

 

Tips dan saran untuk persiapan costume judging dan perform on stage di CLAS:H ?

Persiapannya untuk cosplay judging. Usahakan durabilitas kostum diperhatikan. Presentasikan dengan jelas apa yang kita punya, terlebih jika kita memang dibantu dalam proses pembuatan kostum kita harus tetap mengetahui seluk beluk semua prosesnya.

 

Tips dan saran untuk menghadapi final CLAS:H?

Untuk menghadapi CLAS:H, ya.. tetap tenang dengan cara percayakan segala sesuatu diluar on stage performance pada kru. Karena fokus akan terganggu kalo kita merasa panik. Tujuan kita perform sesuai harapan, dan jangan down ketika sesuatu tidak berjalan lancar. Intinya tetap jadikan semua proses partisipasi kita menyenangkan dan tidak membawa kesan jelek setelahnya ^^